Tanya Jawab Seputar Sensor Ultrasonik (Ultrasonic Sensor FAQ)

T = Seberapa akurasi pembacaan dari sensor ultrasonik?
J = Sekitar 3-4cm, disamping itu banyak faktor yang mempengaruhi keakurasian pembacaan sensor ultrasonik. Kecepatan rambat suara di udara sekitar 346 m/S pada suhu 24 degC. Sensor ultrasonik memiliki frekuensi kerja 40KHz dengan panjang gelombang 8,65mm. Sensor mendeteksi pantulan gelombang. Pantulan gelombang akan mencapai puncak kemudian perlahan menghilang. Tergantung daripada gelombang mana yang terdeteksi, apakah pantulan gelombang pertama, kedua, ketiga? Faktor lainnya yang mempengaruhi pembacaan sensor adalah material permukaan yang terkena pantulan gelombang, dinding yang keras akan berbeda pembacaannya dengan dinding dari kayu (pada jarak yang sama).

T = Dapatkah sensor ultrasonik membaca secara lurus?
J = Pembacaan sensor ultrasonik adalah berbentuk kerucut, dimana lebar sudut bukaannya merupakan range bacaan (dimana transducer sensor posisinya tetap), berikut ini contoh grafik bentuk pancaran sensor ultrasonic dari seri SRF02, SRF04, SRF08.

T = Apa satuan yang digunakan pada bagian vertikal daripada pancaran gelombang ultrasonik?
J = Satuannya adalah dB (deciBell), keterangan detail dapat cek datasheet.

T = Berapa tinggi minimal sebuah sensor ultrasonik dapat dipasang (terhadap lantai)?
J = Pada umumnya sensor ultrasonik dapat dipasang dengan ketinggian minimal 30cm, bilamana diperlukan pemasangan kurang dari ketinggian tersebut, sebaiknya posisi sensor dipasang sedikit mendongak (codong) arah ke atas, agar lantai atau karpet dibawah tidak terbaca sebagai objek.

T = Dapatkah sensor ultrasonik dimodifikasi menjadi waterproof?
J = Tidak, karena berbeda jenis sensor dan modul yang didesain, sehingga tidak bisa kita melakukan perubahan begitu saja, khusus sensor ultrasonik dengan kemampuan waterproof/ weatherproof adalah tipe SRF485WPR.

T = Bagaimana menggunakan sensor ultrasonic dengan koneksi I2C?
J = Jika hanya 1 sensor yang digunakan, maka dapat langsung kita hubungkan dan gunakan alamat I2C bawaan dari pabrikan (yaitu 0xE0), sedangkan penggunaan lebih dari 1 sensor ultrasonik pada jalur BUS yang sama, maka diperlukan setting alamat (address) terlebih dahulu.

T = Jika alamat (address) dari sensor ultrasonik dirubah, apakah akan tetap atau perlu diset berulang?
J = Setelah dilakukan perubahan address pada sensor ultrasonik, maka alamat address tersebut akan tersimpan pada EEPROM, sehingga tidak diperlukan melakukan pengaturan address secara terus menerus.

T = Jika nilai Gain dan Range daripada sensor ultrasonic, apakah akan tetap atau perlu diset berulang?
J = Berbeda dengan alamat address yang disimpan pada EEPROM, untuk Gain dan Range dari sensor utrasonik diperlukan pengaturan setiap kami digunakan.

T = Bisakah membaca dari 2 sensor ultrasonic secara bersamaan sekaligus?
J(1) = Tidak, kita tidak bisa menggunakan 2 sensor ultrasonik untuk dibaca hasilnya sekaligus, karena akan berpotensi menghasilkan pembacaan yang salah. Atur jarak pembacaan antar sensor minimal 65mS.
J(2) = Ya, kita bisa menggunakan lebih dari 2 sensor ultrasonik yang dibaca hasilnya sekaligus, dengan catatan titik tengah antar 2 sensor yang berdekatan dibuat sudut 45 derajat (minimal), misalnya kita letakkan 8 sensor pada satu bidang lingkaran (360 derajat), dengan penempatan antar sensor sebesar 45 derajat. Kemudian Gain di setting pada nilai terendah, dan pembacaan sensor didapatkan dengan melontarkan gelombang pancaran sekaligus pada jalur I2C general address 0. Sedangkan untuk pembacaan tiap sensor sesuai address (alamat masing-masing dari sensor).

T = Dapatkah merubah frekuensi kerja daripada sonar 40KHz?
J = Tidak, karena 40KHz merupakan standard kerja daripada sensor ultrasonik (sensor), begitu juga modul pada sensor sudah didesain demikian.

T = Dapatkah mempercepat pembacaan daripada sensor ultrasonik?
J = Ya, dengan mengurangi nilai Range daripada sensor, tetapi perhatikan kemungkinan kesalahan pembacaan sensor akibat masih terjadinya pantulan gelombang dari pancaran sebelumnya, pastikan jeda antara pembacaan 1 ke pembacaan berikutnya minimal delay sebesar 60mS.

Tanya Jawab Seputar Sensor Ultrasonik (Ultrasonic Sensor FAQ)
Kembali ke Atas