USB to TTL lawas dengan menggunaan IC Prolific PL2303HX terdeteksi : THIS IS NOT PROLIFIC PL2303. PLEASE CONTACT YOUR SUPPLIER…

Saat ini tentu mayoritas pengguna komputer menggunakan OS/ Operating System Windows 10 keatas (saat artikel ini dibuat, Windows 10 diumumkan akan berakhir supportnya hingga 14 Oktober 2025). Sedangkan terdapat beberapa produk USB to TTL (Rx Tx Vcc Gnd) dengan IC Prolific tipe PL2303HX tidak dapat mendukung driver untuk Windows 10.

Tampilan device manager Windows 10 pada saat menggunakan module USB to TTL dengan IC PL2302HX

Hal diatas menjadi catatan bagi pengunaan USB to TTL dengan module IC Prolific PL2303HX tidak bisa digunakan dengan Komputer ber-OS Windows 10 keatas. Sedangkan module yang support untuk USB to TTL dengan Windows 10 keatas adalah tipe prolific PL2303HXD dengan REV-D. Perhatikan tabel berikut ini.

Setelah kami teliti, ternyata software usb serial terbaru tidak backward compatible, oleh karena itu perlu kita instal driver versi lawas saat IC Prolific PL2303HX tersebut terakhir dibuat yaitu tahun 2018. Silahkan download pada link berikut untuk drivernya :

https://oemdrivers.com/usb-prolific-usb-to-serial-driver

Setelah melakukan instalasi bisa restart komputer, dan hasilnya Chip IC berhasil dideteksi oleh Device Manager (Windows 10). Selamat Mencoba! Jika ada kendala lainnya bisa menghubungi kami kembali.

Produk USB-TTL versi lawas ini dapat dibeli di Store KlinikRobot, Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee KlinikRobot. Terima kasih!

USB to TTL lawas dengan menggunaan IC Prolific PL2303HX terdeteksi : THIS IS NOT PROLIFIC PL2303. PLEASE CONTACT YOUR SUPPLIER…
Kembali ke Atas