Tutorial Motor Servo : Micro TowerPro SG92R Testing

Motor Servo Micro SG92R adalah versi upgrade dari SG90, terdapat peningkatan bahan/ material gear dan kekuatan torsinya.

Dalam kemasan terdapat:

  • 1 x buah motor servo SG92R dengan kabel sepanjang 24 cm.
  • 3 x kopel servo atau servo arms/ servo horn untuk beragam aplikasi penggunaan.
  • Baut sekrup untuk pemasangan servo dan pemasangan kopel servo (servo arms).

Fitur unggulan pada motor servo mikro SG92R:

  • 1. Ukuran servo sangat kecil untuk berbagai aplikasi
  • 2. Material gear yang terbuat dari Carbon Fiber, sehingga lebih kuat daripada bahan plastik biasa.
  • 3. Kekuatan torsi sampai dengan 2.5 Kg.cm
  • 4. Range putaran kerja 0-180 derajat
  • 5. Menggunakan sinyal analog untuk pengaturan.

Servo ini dapat bekerja dengan baik untuk aplikasi proyek yang kecil dan ringkas. Torsi yang dihasilkan tidak terlalu kuat tetapi cukup besar untuk ukuran micro servo sejenis. Berkat bahan karbon fiber, gear servo memiliki ketahanan lebih lama karena lebih kuat terhadap beban kejut sesaat dibandingkan plastik biasa.

Servo motor dapat diperintahkan menuju posisi rotasi yang dituju dengan posisi yang cukup akirat, seperti memutar kemudi pada mobil balap RC (steering), memutar sensor untuk membaca halangan disekeliling. Servo motor sama seperti motor dc biasa, dilengkapi dengan gearbox dan sebuah potensiometer untuk membaca posisi shaft output, dan driver controller.

micro servo motor SG90 towerpro

Pada umumnya servo motor memiliki range kerja yang spesifik, biasanya dapat digunakan sejauh 180 derajat. Tetapi aktualnya range tersebut tidak full 180 derajat, karena keterbatasan mekanik daripada gear dan potensiometer yang digunakan untuk membaca pada servo. Jika dipaksakan kerja 180 derajat, maka akan menghasilkan hasil yang kurang memuaskan, seperti suara yang tidak halus, getaran pada servo yang menunjukkan servo mencoba mencapai titik yang diperintahkan namun belum berhasil. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan arus pada servo motor, dapat menyebabkan gear selip, sampai merusak motor dc itu sendiri.

Sehingga range putaran terbaik jika kita gunakan servo ini pada range 20 derajat – 160 derajat atau dilakukan sedikit uji coba range yang sebenarnya diperlukan secara mekanis sehingga dapat menyesuaikan dengan kondisi servo yang digunakan.

Servo motor akan membaca sinyal PWM yang diberikan oleh controller setiap 20mS. Pulsa aktif pada kondisi HIGH, dan lebar pulsa didefinisikan sebagai sudut/ posisi putar dari shaft servo motor. Pulsa aktif dapat bervariasi antara 1 mS dan 2 mS.

Sebuah pulsa 1 mS dapat memposisikan shaft pada sudut 0 derajat. Pulsa 1.5 mS => shaft pada posisi 90 derajat (titik tengah), dan Pulsa 2 mS membuat posisi shaft pada sudut 180 derajat. Sedangkan nilai yang diberikan diantara 1 mS – 2 mS, akan memposisikan shaft motor pada posisi diantara 0 – 180 derajat.

Koneksi Servo Motor

Bawaan kabel servo motor terdapat 3 pin header (0.1″ female connector) dengan panjang kabel sekitar 24cm.

1×3 Female Connector

  • Kabel Coklat = Ground (GND)
  • Kabel Merah = 5V (Vcc)
  • Kabel Orange = PWM Signal (Data/ Signal dari controller)

Hasil Evaluasi :

towerpro sg92r dengan arduino uno

Pada pengetesan servo untuk mengangkat beban 2.5Kg, dengan titik beban pada lengan servo sejauh 1cm dari shaft servo, didapatkan hasil cukup baik, tidak didapati masalah yang berarti seperti bunyi gear selip/ suara kasar.

Servo bekerja pada tegangan 5 Volt DC dengan arus sekitar 10mA pada kondisi standby, dan arus meningkat menjadi 100mA – 300mA pada saat bekerja (tergantung bagaimana beban, seberapa cepat perpindahan servo). Maksimal arus yang dapat dikerjakan servo motor adalah 650mA pada kondisi mengankat beban penuh.

Satu servo motor SG92R yang bekerja full loaded, dapat membuat tegangan Arduino menjadi berhenti karena menyedot banyak arus dan daya listrik pada rangkaian. Selalu gunakan sumber tegangan/ catu daya terpisah dari board controller, sehingga tidak merusak modul controller lainnya. (catatan : koneksi Ground daripada Arduino dan catu daya terpisah tersebut harus dihubungkan).

Cara lain untuk mencegah sedotan arus motor yang besar dari servo, adalah memasang kapasitor 470-1000uF antara Power Vcc dan Ground (Gnd) pada catu daya, hal ini akan membantu isolasi antara Arduino/ Controller terhadap pelemahan daya listrik akibat servo motor.

Tutorial Motor Servo : Micro TowerPro SG92R Testing
Kembali ke Atas